- Informasi Umum
Akun Saya
Pendaftaran
-
Bagaimana cara perusahaan saya bergabung dengan ista.id?
Kamu dapat bergabung dengan menggunakan alamat email yang belum pernah terdaftar di ista.id
-
Berikut cara mendaftar menggunakan alamat email:
-
Klik “Daftar/Sign Up”
-
Masukkan alamat email
-
Pastikan alamat email sudah sesuai. Kami akan melakukan verifikasi
-
Lengkapi data perusahaan seperti alamat, NPWP, akta perusahaan, dan atur kata sandi
-
Pendaftaran berhasil. Selamat bergabung.
Pengaturan
-
Bagaimana cara merubah kata sandi?
Kamu bisa ikuti Langkah berikut ini untuk melakukan perubahan kata sandi:
-
Log in ke akun kamu
-
Masuk ke dalam “Pengaturan”
-
Pilih menu “Ubah Kata Sandi”
-
Isi seluruh data
-
Klik “Simpan”
-
Bagaimana cara berlangganan newsletter dari ista.id?
Kamu dapat berlangganan newsletter ista.id dengan mengikuti langkah berikut:
-
Masuk ke dalam website ista.id
-
Masukkan alamat email kamu kedalam box newsletter
-
Verifikasi alamat email yang didaftarkan melalui link yang dikirimkan
-
Aktivasi langganan newsletter kami berhasil!
Kamu akan menerima semua informasi dan promosi baru dari ista.id melalui email
Login
-
Bagaimana jika saya lupa kata sandi akun saya?
-
Jika kamu lupa kata sandi akun kamu di ista.id, kirim email ke info@ista.id dengan subject “Permohonan Kata Sandi Baru”
-
Kami akan mengirimkan sandi baru untuk akun kamu
-
Segera ganti kata sandi untuk menjaga kerahasiaan akun kamu -> Jaga kerahasiaan akun-mu, gunakan kombinasi antara angka, abjad dan symbol untuk kata sandi yang digunakan
Informasi Umum
Informasi Umum
-
Platform apa saja yang dapat digunakan untuk melakukan reservasi di ista.id?
-
Kamu dapat melakukan pemesanan secara online di ista.id yang dapat diakses melalui website dan mobile web.
-
Apakah nama pemesan harus sama dengan nama penumpang?
-
Nama pemesan pada informasi kontak pemesan/pembeli tidak harus ama dengan nama penumpang/pemakai
-
Pastikan kamu menulis nama penumpang sesuai KTP/Kartu Identitas dikolom nama penumpang
Status Tiket
-
Bagaimana cara mengecek status pemesanan saya?
-
Login ke akun kamu
-
Klik “Manage Booking”
-
Pilih tanggal untuk mengetahui status pemesanan yang telah dibuat
-
History pemesanan kamu akan muncul
Berikut status pemesanan yang bisa kamu cek di “Manage Booking”
-
Reserved, pada status ini artinya pemesanan kami masih menunggu konfirmasi. Segera selesaikan pemesananmu sebelum batas waktu konfirmasi.
-
Ticketed, pada status ini artinya e-tiket kamu sudah selesai diproses dan berhasil, kamu bisa download e-tiketmu.
-
Expired, pada status ini artinya pemesanan kamu sudah melewati batas waktu konfirmasi atau menunjukkan pemesanan kamu yang sudah lewat.
-
Canceled, pada status ini artinya pemesananmu dibatalkan oleh pemesan.
-
Setelah pemesanan dikonfirmasi, kapan saya dapatkan tiketnya?
-
Kamu akan segera mendapatkan tiketmu melalui email dan/atau pada dashboard dengan cara kilik “Download & Send Itinerary”
Pengembalian Dana
-
Apakah saya dapat mengajukan pengembalian dana untuk semua produk yang saya beli di ista.id?
Pengajuan pengembalian dana bergantung pada kebijakan masing-masing produk yang telah kamu pesan karena terdapat pemesanan yang tidak bisa diajukan pembatalan dan pengembalian dana seperti hotel atau tiket yang memiliki kebijakan nonrefundable.
-
Bagaimana cara saya mengajukan pengembalian dana atau refund?
Silakan melakukan pengajuan dengan mengirimkan email ke travel@ista.id dengan subject [refund] [Kode Booking]
-
Apakah saya bisa membatalkan hanya untuk satu penumpang saja jika tiket saya berjumlah lebih dari satu penumpang?
Tentu kamu dapat mengajukan pembatalan untuk 1 (satu) penumpang saja. Pembatalan tetap mengikuti kebijakan dari maskapai. Untuk kebijakan pembatalan maskapai dapat kamu cek pada link berikut.
-
Untuk pengembalian dana akan diproses ke rekening perusahaan yang didaftarkan sebelumnya. Pengembalian dana dapat dilakukan ke rekening lain dengan surat persetujuan dari penanggung jawab perusahaan dan di cap basah menggunakan stempel perusahaan.
-
Berapa pengembalian dana yang akan saya terima?
Untuk pengembalian dana mengacu pada ketentuan pembatalan dan regulasi dari masing-masing maskapai. Untuk kebijakan pembatalan maskapai dapat kamu cek pada link berikut
Perubahan
-
Bagaimana cara mengubah jadwal/reschedule tiket pesawat yang sudah saya pesan?
Untuk perubahan mengacu pada ketentuan pembatalan dan regulasi dari masing-masing maskapai. Kamu dapat melakukan perubahan jadwal dengan menghubungi pusat layanan kami. Klik di sini.
-
Apakah saya akan mendapat tiket baru setelah melakukan perubahan jadwal penerbangan?
Ya, kamu akan mendapatkan tiket baru dengan kode booking baru yang akan diterima di alamat email kamu.
-
Saya salah mengisi nama penumpang nama penumpang, apakah saya bisa mengajukan koreksi nama?
Untuk penerbangan domestik, silakan hubungi call center maskapai untuk mengoreksi nama pada e-tiket kamu.
Berikut call center maskapai Indonesia:
-
Lion Air Group (Batik Air, Lion Air, dan Wings Air) +6221 6379 8000
-
Citilink +62 804 108 0808
-
Garuda Indonesia +62 2351 9999
-
Sriwijaya Air +62 804 177 7777
-
Untuk pengembalian dana akan diproses ke rekening perusahaan yang didaftarkan sebelumnya. Pengembalian dana dapat dilakukan ke rekening lain dengan surat persetujuan dari penanggung jawab perusahaan dan di cap basah menggunakan stempel perusahaan.
Asuransi Perjalanan
-
Mengapa menggunakan asuransi dari ista.id?
Ista.id adalah mitra dari AXA Insurance dalam memberikan layanan produk asuransi perjalanan
Hubungi ista.id
-
Bagaimana cara saya menghubungi customer care 24 jam ista.id?
Kamu dapat menghubungi ista.id melalui telepon, email atau whatsapp.
-
Whatsapp 08xxxxxxxxx
-
Email travel@ista.id
-
Call center +62 21 5307870 (office hour)
- Tiket Pesawat
Cari Tiket Pesawat
Kelas Tiket Pesawat
-
Bagaimana melakukan pemesanan tiket pesawat dengan kelas bisnis?
-
Pemesanan dengan kelas tiket bisnis dapat dilakukan dengan memasukkan terlebih dahulu detail penerbangan (rute, tanggal penerbangan, dan jumlah penumpang)
-
Setelah pencarian penerbangan selesai, kamu dapat memilih tiket penerbangan kelas bisnis dengan klik “Fare-Class” kemudian pilih kelas bisnis yang diinginkan.
-
Kenapa saya tidak bisa menemukan penerbangan untuk kelas tiket yang ingin saya pesan?
Beberapa penerbangan dengan maskapai tertentu, pihak maskapai memang hanya menawarkan tiket kelas ekonomi dan tiket kelas bisnis. Pilihan kelas tiket akan muncul pada hasil pencarian berdasarkan ketersediaan kursi dari pihak maskapai.
Harga dan Cara Pesan
Pemesanan Tiket Pesawat
-
Bagaimana cara melakukan pemesanan tiket pesawat di ista.id?
Silakan ikuti langkah berikut:
-
Login ke akun kamu
-
Klik “New Booking”
-
Pilih detil penerbangan (rute, tanggal penerbangan, dan jumlah penumpang) yang diinginkan
[Image]
-
Klik “Search Flight”
[Image]
-
Pilih maskapai, jam penerbangan, dan kelas penerbangan yang diinginkan
[Image]
-
Isi data penumpang (nama sesuai kartu identitas, mobile phone aktif, dan alamat email)
[Image]
-
Klik “Book Now”
-
Reservasi kamu akan segera dibuat dan mendapatkan PNR (kode booking), time limit, dan ringkasan pemesanan melalui email.
-
Klik “Request Issued” untuk mendapatkan persetujuan dan/atau
-
Klik “Issued” untuk langsung mencetak tiket
-
Bagaimana cara mengetahui status pemesanan saya?
-
Login ke akun kamu
-
Klik “Manage Booking”
-
Pilih tanggal untuk mengetahui status pemesanan yang telah dibuat
-
History pemesanan kamu akan muncul
Berikut status pemesanan yang bisa kamu cek di “Manage Booking”
-
Reserved, pada status ini artinya pemesanan kami masih menunggu konfirmasi. Segera selesaikan pemesananmu sebelum batas waktu konfirmasi.
-
Ticketed, pada status ini artinya e-tiket kamu sudah selesai diproses dan berhasil, kamu bisa download e-tiketmu.
-
Expired, pada status ini artinya pemesanan kamu sudah melewati batas waktu konfirmasi atau menunjukkan pemesanan kamu yang sudah lewat.
-
Canceled, pada status ini artinya pemesananmu dibatalkan oleh pemesan.
-
Bagaimana cara saya mendapatkan e-tiket atas pesanan yang telah dikonfirmasi?
-
Kamu akan segera mendapatkan tiketmu melalui email dan/atau pada dashboard dengan cara kilik “Download & Send Itinerary”
-
Bagaimana cara saya menggunakan e-tiket yang telah saya dapat untuk melakukan penerbangan?
Kamu dapat langsung membawa e-tiket ke counter check-in maskapai di bandara untuk mendapatkan boarding pass dari pihak maskapai. Kamu juga dapat menunjukkan e-tiket tersebut langsung dari handphone tanpa harus mencetaknya.
-
Saya memasukkan nama penumpang dengan lengkap, namun nama penumpang jadi tersingkat setelah tiket terbit. Apa yang harus saya lakukan?
Sebagai informasi, nama yang tertera dalam tiket pesawat rute domestik memiliki batas karakter yaitu 32 karakter dan untuk rute internasional memiliki batas sebanyak 28 karakter.
Penumpang tetap dapat melakukan penerbangan dengan menunjukkan identitas diri yang sesuai dengan nama di tiket.
Harga Tiket Pesawat
-
Apakah ada perbedaan harga tiket untuk dewasa, anak-anak, dan bayi?
-
Harga tiket untuk anak dan bayi berbeda, merujuk ketentuan dari masing-masing maskapai. Untuk penentuan kategori usia penumpang, terdapat 3 kategori, yaitu?
-
Dewasa (di atas 12 tahun)
-
Anak-anak (usia 2 – 12 tahun)
-
Bayi (usia 3 bulan – 2 tahun)
-
Kamu bisa mengecek rincian harga tiket dewasa, anak, dan bayi dengan langkah berikut:
-
Masukkan detil penerbangan dan jumlah penumpang yang diinginkan.
[Image]
-
Pilih maskapai, jam penerbangan, dan kelas penerbangan yang diinginkan
[Image]
-
Di bagian kanan atas, akan terlihat rincian penerbangan dan rincian harga dari masing-masing penumpang.
[Image]
-
Apakah harga yang tertera sudah termasuk airport tax dan pajak lainnya?
Harga yang tertera sudah termasuk airport tax dan pajak lainnya
-
Mengapa harga tiket pesawat berubah-ubah?
Harga tiket pesawat bersifat fluktuatif atau tidak tetap karena perubahan harga mengikuti ketersediaan subclass yang diupdate dari maskapai secara real time.
Fasilitas
Fasilitas Tambahan
-
Apakah tiket yang saya beli sudah termasuk bagasi atau makanan?
Terdapat beberapa maskapai yang memberikan fasilitas bagasi dan makanan yang sudah termasuk harga tiket. Dan ada juga maskapai yang memberikan hanya harga tiket saja, tidak termasuk makanan ataupun bagasi.
-
Apakah saya bisa memesan makanan untuk penerbangan saya?
Ya bisa. Kamu dapat menambahkan fasilitas tambahan (bagasi, kursi, makan) di halaman pada saat kamu mengisi data penumpang untuk pemesanan penerbangan.
Jika penerbangan kamu adalah penerbangan internasional, kamu dapat mengajukan penambahan fasilitas tambahan (bagasi, kursi, makan) dengan menghubungi kami.
-
Apakah saya bisa menambahkan bagasi untuk penerbangan saya?
Ya bisa. Kamu dapat menambahkan fasilitas penambahan bagasi di halaman Ya bisa. Kamu dapat menambahkan fasilitas penambahan bagasi di halaman pada saat kamu mengisi data penumpang untuk pemesanan penerbangan. Menu ini hanya tersedia untuk maskapai:
Kelas Bisnis
-
Apa keuntungan yang saya dapatkan jika melakukan penerbangan menggunakan kelas bisnis?
Kamu dapat menikmati kenyamanan serta pelayanan utama yang diberikan oleh maskapai. Kelas bisnis memberikan fasilitas yang lebih lengkap seperti makanan yang disajikan, kursi yang lebih besar, ekstra bagasi, antrian check-in khusus, ruang tunggu VIP, serta pelayanan lainnya yang diberikan oleh kru kabin maskapai. Beberapa fasilitas yang diberikan mungkin berbeda dimasing-masing maskapai.
-
Bagaimana cara untuk upgrade kelas tiket penerbangan saya?
Untuk penerbangan domestik, kamu dapat mengajukan upgrade kelas tiket menjadi kelas bisnis dengan menghubungi call center maskapai terkait. Pihak maskapai akan menginformasikan biaya perubahan dan cara pembayarannya.
-
Apakah saya dapat menurunkan kelas tiket penerbangan?
Kamu tidak dapat menurunkan kelas tiket penerbangan melalui ista.id. Apabila kamu ingin menurunkan kelas tiket penerbangan, mohon untuk menghubungi pihak maskapai terkait. Untuk penurunan kelas tiket penerbangan, tergantung pada ketersediaan kursi serta kebijakan dari maskapai.
-
Jika tiket penerbangan saya tidak termasuk bagasi dan tidak membeli tambahan bagasi, apakah saya tetap dapat membawa bagasi pada saat penerbangan?
Pada umumnya, setiap penumpang mendapatkan jatah bagasi kabin dengan berat maksimum 7kg dengan dimensi yang sudah ditetapkan oleh masing-masing maskapai. Bagasi kabin adalah bagasi yang bisa dimasukkan ke dalam kabin untuk penumpang yang memiliki kursi.
-
Jika e-tiket saya sudah terbit, apakah saya dapat melakukan pembelian untuk bagasi tambahan?
Kamu bisa membeli bagasi tambahan dengan menghubungi customer service maskapai atau pada saat check in di bandara.
-
Berapa berat maksimum bagasi yang boleh saya bawa?
Berat maksimum untuk bagasi yang dapat dimasukkan ke dalam kabin adalah 7kg untuk semua maskapai. Jika ada kelebihan bagasi, maka akan dikenakan biaya sesuai kebijakan dan rute dari masing-masing maskapai.
Pelayanan Tambahan
-
Saya ingin memilih kursi, apakah dikenakan biaya tambahan?
Beberapa pilihan kursi ada yang tidak dikenakan biaya. Biaya serta ketersediaan kursi merupakan kebijakan dari pihak maskapai.
-
Bagaimana cara saya untuk memilih kursi?
Kamu bisa memilih dengan menghubungi customer service maskapai atau dengan melakukan online check in di website maskapai atau pada saat check in di bandara.
-
Apakah saya bisa menambah Frequent Flyer atau Miles untuk pemesanan penerbangan saya?
Untuk maskapai Garuda Indonesia dan Lion Group (Lion Air, Batik Air, Wings Air), kamu bisa menambahkan frequent flyer pada saat memasukkan data penumpang untuk pemesanan penerbangan.
Check In
Informasi Check In
-
Dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk check in?
Jika kamu Warga Negara Indonesia yang melakukan penerbangan domestik, kamu cukup menunjukkan KTP atau kartu identitas lainnya beserta e-tiket yang sudah diterima. Namun jika kamu melakukan penerbangan ke luar negara Indonesia, kamu harus menyiapkan passport dan visa (negara tertentu). Dan apabila kamu Warga Negara Asing, kamu perlu menunjukkan passport atau visit permit.
-
Apakah ada batas waktu untuk melakukan check in?
Untuk penerbangan domestik, kamu disarankan tiba di bandara 90 menit sebelum jadwal penerbangan jika kamu tidak membawa bagasi untuk penerbangan internasional, kamu disarankan untuk tiba 2 jam sebelum jadwal penerbangan.
Asuransi
Asuransi
-
Apakah asuransi perjalanan sudah termasuk dengan harga tiket?
Harga yang tertera saat pencarian tiket tidak termasuk dengan asuransi perjalanan. Biaya asuransi akan ditambahkan jika kamu setuju menggunakan asuransi perjalanan untuk pemesanan penerbangan kamu.
[Image]
-
Bagaimana cara pembelian asuransi tambahan perjalanan di ista.id?
Kamu dapat membeli tambahan asuransi perjalanan pada halaman pemesanan sebelum melakukan konfirmasi.
-
Login ke akun kamu
-
Klik “New Booking”
-
Pilih detil penerbangan (rute, tanggal penerbangan, dan jumlah penumpang) yang diinginkan
[Image]
-
Klik “Search Flight”
[Image]
-
Pilih maskapai, jam penerbangan, dan kelas penerbangan yang diinginkan
[Image]
-
Isi data penumpang (nama sesuai kartu identitas, mobile phone aktif, dan alamat email)
[Image]
-
Pilih penambahan asuransi
[Image]
-
Klik “Book Now”
-
Syarat dan ketentuan asuransi perjalanan ista.id
-
Polis asuransi hanya berlaku untuk perjalanan dengan menggunakan pesawat dengan penerbangan sekali jalan (one way) dan penerbangan pulang-pergi (round trip) rute domestik dan internasional
-
Untuk perjalanan pulang-pergi (round trip), asuransi menjamin perjalanan dari tempat asal keberangkatan (Indonesia) ke tempat tujuan dan kembali ke tempat asal keberangkatan dalam 1 kode
- booking
-
Asuransi perjalanan ista.id tidak dapat digunakan apabila penumpang melakukan penerbangan dari luar negeri menuju Indonesia atau perjalanan pulang-pergi dengan keberangkatan awal dari luar negara Indonesia
-
Asuransi hanya berlaku untuk warga negara Indonesia dengan rentang usia 3 (tiga) bulan – 60 (enam puluh lima) tahun pada saat tanggal keberangaktan
-
Untuk anak dengan usia di bawah 18 tahun harus dalam pendampingan pada saat melakukan penerbangan
-
Manfaat apa saja yang saya dapat dari asuransi perjalanan ista.id?
-
Kecelakaan diri – Kematian dan cacat
-
Kompensasi keterlambatan penerbangan
-
Penundaan perjalanan
-
Hambatan transit penerbangan
-
Pembatalan penerbangan
-
Keterlambatan bagasi
-
Kehilangan atau kerusakan bagasi
-
Bagaimana cara mengajukan klaim asuransi perjalanan?
Pelaporan klaim dapat dilakukan dengan menhubungi xxxxxx di nomor xxxxxx atau melalui email ke xxxxx@xxxx.com
-
Kapan batas akhir untuk mengajukan klaim asuransi perjalanan?
Klaim harus diajukan paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja setelah tanggal kejadian
- Hotel
Informasi Umum
Informasi Umum
-
Hotel apa saja yang tersedia di ista.id?
Ista.id menyediakan lebih dari 100.000 hotel dari berbagai macam jaringan hotel domestik dan internasional. Kamu tinggal mencari penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan/atau kebijakan perusahaanmu.
-
Bisakan saya melakukan pesanan kamar untuk check in hari ini?
Ya bisa. Kamu bisa melakukan pesanan kamar maksimal 1 jam sebelum kedatangan check in dan telah dikonfirmasi.
Pemesanan kamar hotel
Pemesanan kamar hotel
-
Bagaimana saya mengetahui bahwa kamar pada tanggal yang saya pilih tersedia?
Pada saat melakukan pencarian, sistem kami akan menampilkan informasi status kamar yang dipilih tersedia atau tidak.
Berikut informasi status kamar:
-
On Request:
-
Instant Booking:
-
Not Available
-
Bagaimana cara saya melakukan pemesanan hotel di ista.id?
Silakan ikuti langkah berikut:
-
Login ke akun kamu
-
Klik “New Booking”
-
Pilih detil reservasi (kota/daerah/nama hotel, periode menginap, jumlah kamar) yang diinginkan
[Image]
-
Klik “Search Hotel”
[Image]
-
Pilih hotel dan type kamar yang diinginkan
[Image]
-
Isi data konsumen (nama sesuai kartu identitas, mobile phone aktif, dan alamat email)
[Email]
-
Klik “Book Now”
-
Bagaimana cara mengetahui status pemesanan hotel saya?
-
Login ke akun kamu
-
Klik “Manage Booking”
-
Pilih tanggal untuk mengetahui status pemesanan yang telah dibuat
-
History pemesanan kamu akan muncul
Berikut status pemesanan yang bisa kamu cek di “Manage Booking”
-
Reserved, pada status ini artinya pemesanan kami masih menunggu konfirmasi. Segera selesaikan pemesananmu sebelum batas waktu konfirmasi.
-
Confirmed, pada status ini artinya voucher kamu sudah selesai diproses dan berhasil, kamu bisa download voucher hotel kamu.
-
Expired, pada status ini artinya pemesanan kamu sudah melewati batas waktu konfirmasi atau menunjukkan pemesanan kamu yang sudah lewat.
-
Canceled, pada status ini artinya pemesananmu dibatalkan oleh pemesan.
-
Bagaimana cara saya mendapatkan voucher hotel atas pesanan yang telah dikonfirmasi?
-
Kamu akan segera mendapatkan vouchermu melalui email dan/atau pada dashboard dengan cara kilik “Download & Send Voucher”
-
Bagaimana cara saya menggunakan voucher yang telah saya dapat untuk check in hotel?
Kamu dapat langsung membawa voucher hotel dan kartu identitas ke resepsionis hotel untuk mendapatkan kunci kamar. Kamu juga dapat menunjukkan voucher tersebut langsung dari handphone tanpa harus mencetaknya.
Perlu diingat untuk pemesanan Hotel Syariah, jika datang berpasangan dengan lawan jenis dibutuhkan buku nikah untuk ditunjukkan ke resepsionis hotel sebelum check in.
-
Apakah saya bisa melakukan upgrade atau downgrade kamar yang sudah saya pesan?
Layanan upgrade atau downgrade tersebut mengikuti kebijakan masing-masing hotel. Silakan menghubungi tim ista.id.
-
Apa saja yang sudah termasuk dalam harga yang ditampilkan?
Harga yang ditampilkan sudah termasuk dengan fasilitas yang ada di halaman hotel dan biaya administrasi. Kamu dapat melihat di halaman pesanan, halaman konfirmasi, dan email konfirmasi untuk informasi lengkapnya.
Harga hotel yang ditampilkan, belum termasuk pajak 1%.
-
Bagaimana jika saya membawa orang lebih dari jumlah kapasitas kamar yang saya pesan? Apakah saya akan dikenakan biaya tambahan?
Kamu dapat melihat ketentuan jumlah tamu per kamar pada saat melakukan pemesanan. Jika kamu membawa lebih dari jumlah yang ditentukan, kamu dapat menginformasikan ke pihak hotel terlebih dahulu. Segala biaya yang timbul dari penambahan tersebut merupakan kebijakan hotel.
Fasilitas Hotel
-
Bagaimana cara mengetahui fasilitas hotel yang akan saya pesan?
Setiap hotel memiliki dan menawarkan fasilitas yang berbeda-beda.
Kamu bisa mengikuti langkah berikut:
-
Pilih hotel yang kamu inginkan
-
Klik “View Room(s)” untuk melihat informasi hotel
-
Klik tab “Info” untuk melihat fasilitas yang tersedia
-
Bisakah saya meminta permintaan khusus pada hotel yang dipesan?
Permintaan khusus dapat kamu masukkan pada saat pengisian data tamu. Perlu diketahui bahwa permintaan khusus tergantung ketersediaan pihak hotel dan bisa dikenakan biaya tambahan sesuai kebijakan masing-masing hotel.
Check-in
-
Kapan waktu check-in dan check-out hotel?
Pada umumnya, waktu check-in hotel dimulai pada pukul 14.00 dan waktu check-out dilakukan sebelum pukul 12.00
-
Bisakah melakukan early check-in atau late check-out?
Silakan menghubungi pihak hotel langsung untuk konfirmasi early check-in atau late check-out. Permintaan tergantung ketersediaan pihak hotel dan bisa dikenakan biaya tambahan sesuai kebijakan masing-masing hotel.
Perubahan Pembatalan
-
Apakah pemesanan hotel dapat diajukan pengembalian dana?
Untuk mengetahui peraturan pengembalian dana, dapat diketahui pada saat melakukan pemesanan di sistem pemesanan atau dapat dilihat regulasinya pada voucher.
Permintaan perubahan dan pembatalan tergantung kebijakan pihak hotel dan bisa dikenakan biaya tambahan sesuai kebijakan masing-masing hotel.
-
Bisakah mengubah nama tamu pada voucher hotel yang sudah dipesan?
Pengajuan perubahan ini tergantung pada kebijakan yang diterapkan masing-masing hotel. Permintaan perubahan bisa dikenakan biaya tambahan.
- Kereta Api
Informasi Umum
Informasi Umum
-
Bagaimana saya mengetahui bahwa pemesanan kereta api saya sudah berhasil?
Pesanan telah berhasil dilakukan jika sudah menerima notifikasi pemesanan yang berisi nama penumpang, jadwal keberangkatan, dan kode booking.
-
Berapa lama tiket kereta api akan diterima?
Jika pesanan tiket kereta api telah dikonfirmasi issued, kamu akan segera mendapatkan tiketmu melalui email dan/atau pada dashboard dengan cara klik “Download & Send Itinerary”
Harga dan Cara Pesan
-
Tiket kereta dan kelas apa yang disediakan oleh ista.id?
ista.id menyediakan semua jenis, rute, dan jadwal kereta dari PT Kereta Api Indonesia, mulai dari kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif.
-
Berapa lama jangka waktu pemesanan tiket kereta api sebelum keberangkatan?
Saat ini, pemesanan tiket kereta api bisa dilakukan sampai dengan 30 hari sebelum keberangkatan.
-
Bagaimana cara pesan tiket kereta api di ista.id?
Silakan ikuti langkah berikut:
-
Login ke akun kamu
-
Klik “New Booking”
-
Pilih “Train”
-
Pilih detil keberangkatan (rute, tanggal penerbangan, dan jumlah penumpang) yang diinginkan
[Image]
-
Klik “Search Schedule”
[Image]
-
Pilih kereta, jam keberangkatan, dan kelas kereta yang diinginkan
[Image]
-
Isi data penumpang (nama sesuai kartu identitas, mobile phone aktif, dan alamat email)
[Image]
-
Klik “Book Now”
-
Reservasi kamu akan segera dibuat dan mendapatkan PNR (kode booking), time limit, dan ringkasan pemesanan melalui email.
-
Klik “Request Issued” untuk mendapatkan persetujuan dan/atau
-
Klik “Issued” untuk langsung mencetak tiket
-
Berapa jumlah maksimal penumpang dalam 1 (satu) pesanan tiket kereta api?
Sesuai kebijakan, PT KAI memperbolehkan maksimum 4 (empat) dewasa dan 4 (empat) anak-anak dalam 1 (satu) pesanan. Jumlah pesnan anak juga harus lebih sedikit atau sama dengan jumlah penumpang dewasa.
Jika ada lebih dari 4 (empat) orang yang akan melakukan keberangkatan, kamu bisa melakukan pemesanan kembali.
-
Apakah bayi dikenakan biaya dalam pemesanan tiket kereta api?
Penumpang bayi adalah penumpang dibawah 3 tahun. Untuk 1 (satu) penumpang dewasa dapat membawa 1 (satu) penumpang bayi, dan penumpang bayi tidak akan dikenakan biaya. Untuk penumpang bayi tidak akan mendapat kursi.
Check In
-
Bagaimana cara menggunakan e-tiket kereta api dari ista.id?
Penumpang harus membawa e-tiket dari ista.id ke stasiun keberangkatan untuk menukarkan dengan boarding pass. Ikuti Langkah berikut:
-
Pergi ke mesin check-in
-
Masukkan kode booking atau pindai (scan) barcode ke mesin check-in
-
Cetak boarding pass
-
Bagaimana saya mendapatkan boarding pass kereta api?
Setelah tiba distasiun keberangkatan, silakan menuju mesin CTM yang telah disediakan. Berikut cara menggunakan mesin CTM:
-
Pindai (scan) barcode yang ada pada e-tiket atau masukkan kode booking di kolom isian “Kode Pemesanan”
-
Klik tombol “Cari”
-
CTM akan memunculkan informasi perjalanan kamu
-
Tandai penumpang untuk mencetak boarding pass.
-
Klik tombol “Cetak”
-
Ambil boarding pass yang sudah dicetak
-
Tunjukkan boarding pass tersebut beserta kartu identitas ke petugas boarding pass stasiun agar bisa masuk ke dalam peron.
Perubahan dan Pembatalan
-
Bagaimana cara membatalkan/mengajukan pengembalian dana (refund) untuk tiket kereta api?
Sesuai kebijakan PT KAI, pembatalan/pengajuan pengembalian dana (refund) harus dilakukan langsung di stasiun kereta api untuk keperluan verifikasi. Berikut cara proses pembatalan/pengembalian dana (refund):
-
Pembatalan hanya dapat dilayani di loket khusus paling lambat 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta api
-
Isi formulir pembatalan tiket yang disediakan di dekat loket
-
Serahkan formulir, boarding pass, dan copy ktp penumpang serta surat kuasa (jika dikuasakan oleh orang lain)
-
Biaya pembatalan sebesar 25% dari tarif kereta api
-
Pengembalian dana dilakukan oleh pihak PT KAI dengan cara transfer atau diambil tunai (sesuai pilihan pada formulir).
-
Bagaimana cara melakukan perubahan jadwal keberangkatan tiket kereta api?
Sesuai kebijakan PT KAI, perubahan jadwal keberangkatan harus dilakukan langsung di stasiun kereta api untuk keperluan verifikasi.
Berikut ketentuan pengajuan perubahan jadwal keberangkatan tiket kereta api:
-
Perubahan jadwal dapat dilakukan pada kereta api dengan kondisi berikut:
-
Kereta api yang sama pada hari keberangkatan yang berbeda
-
Kereta api yang berbeda dengan hari keberangkatan yang sama
-
Kereta api yang berbeda pada hari keberangkatan yang berbeda
-
Perubahan jadwal dapat dilakukan jika kursi masih tersedia
-
Dilakukan selambat-lambatnya 60 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta api
-
Jika jadwal kereta api yang terbaru memiliki harga yang lebih tinggi, maka penumpang diharuskan membayar selisih tarif
-
Jika jadwal kereta api yang terbaru memiliki harga yang lebih rendah, maka tidak ada pengembalian atas selisih tarif
-
Bisakah mengubah nama penumpang kereta api yang sudah dibeli?
Untuk melakukan perubahan nama penumpang tidak dapat dilakukan, dan untuk koreksi kesalahan nama penumpang sepenuhnya bergantung pada kebijakan PT KAI. Kamu harus menghubungi PT KAI melalui 021-121 atau datang langsung ke loket stasiun dengan membawa identitas asli yang masih berlaku.